Penjahitwannabe's Blog

menjahit itu..

alat berat PERDANA January 24, 2010

Filed under: Peralatan Menjahit — penjahitwannabe @ 14:01

Folks.. ini adalah alat berat pertama yg aku punya didunia perjahitan. Udah kenal kan ini namanya apa??? Yup, that’s right.. mesin jahit..manual  ,itu loh yg pake roda genjot, tapi sejak pertama beli udah dipasangin dynamo, jadi gak perlu kayuhlagi, he..he.. pemalas.., gak gitu juga sih, soalnya kalo di kayuh, aku kok kadang (sering) rodanya mutarnya kebalik, yang harusnya mutar ke depan jadi kebelakang, he.. apa krn blm biasa ya?? Gak tau juga sih, lagian kalo sekarang mesti pake roda, aku udah gak tau lagi cara nyopot dinamonya, soalnya mesti pake tang deh kayaknya, yah secara ogut bukan lulusan engineering yg ngerti soal baut & tang, jadi  berusaha aja memaksimalkan apa yg sudah dianugrahi dr sononya, hue..he..

Balik ke cerita soal mesin, alat ini aku beli di toko daerah cipulir, sebelum pasar cipulir, tokonya kecil sih, kayanya bukan toko yg khusus jual mesin jahit, tapi lebih ke reparasi mesin jahit, tapi selingannya dia juga jual mesin jahit (baru & bekas), dan beberapa alat lain yg berhubungan dg jahit, spt : mesin obras, mesin pres kancing, mesin neci (ha..ha.. sok tahu, padahal aku Cuma menerka2 aja alat apa aja yg aku lihat ada ditoko itu waktu aku beli mesin jahit ini).


Mesin jahit ini merknya Singer, Baru (bukan seken), harga 1,2jt, aku gak tahu ini kemahalan ato emang segitu harganya, secara waktu itu aku udah males nyari toko lain buat perbandingan, jadi pas ada langsung beli aja, nawar sih.. tapi Cuma di diskon 200rb. O iya, niat awal dr rumah mau beli mesin jahit yg portable, karena menurut informasi  yg aku baca, mesin jahit portable itu fungsinya lebih banyak dr mesin jahit manual. Dia (mesin portable) memiliki variasi/banyak model jahitan alias tidak hanya jahit lurus, selain itu bisa digunakan untuk membuat lubang kancing, jahitan semi obras & semi neci. Tapi ternyata ibu2.., mesin jahit portable itu lebih mahal dibanding yg manual (ya iyalah, lebih bagus pasti lebih mahal), yg sekennya aja di toko itu jual paling murah harganya 1,6 jt, lupa merknya apa, yg pasti bodynya lebih kecil & lebih ringan dibanding yg manual, dan sesuai namanya bisa dibawa kemana2.  u/ mesin jahit manual, di toko itu menjual 2 merk : Singer & Butterfly, dari segi harga lebih murah yg butterfly (beda 100rb), perbedaannya kalo yg singer bisa digunakan u/ jahit mundur, sedangkan kalo yg butterfly tdk bisa. O iya, jahit mundur itu setahuku gunanya untuk mematikan jahitan, jadi agar benangnya lebih kuat dan tidak mudah terlepas.

Waktu beli mesin jahit ini, dapet bonus : ini… Jarum Jahit (kusus mesin), gunting benang, tang kecil, sepul, sekoci, dan minyak pelumas mesin jahit.

Selamat menjahit..

 

3 Responses to “alat berat PERDANA”

  1. byansmom Says:

    Mba, kok halmahera ya harganya??
    kayaknyah punya nyokap gw ngga nyampe segituan deh??? tar gw tanyai lagi.

  2. winwin Says:

    oiya mbak klu mw beli mesin yg portable yg bagus merknya janome aj,harganya yg second klo dsni (kampung cianjur) 800rb,tp klo dikota ya pasti lebih murah…,& jg sparepartnya gampang dicari,beda dgn singer,untuk yg portable singer ga jual sparepartnya…..,


Leave a Reply

