Penjahitwannabe's Blog

menjahit itu..

takadajudul February 13, 2010

Filed under: Lain-lain — penjahitwannabe @ 21:26

Hari ini :

– 3 jarum patah sekaligus dalam jarak waktu yg singkat

– mancing benang bawah gaik naik2

Tidaaaaaaaaaak…..kkkkk..kk..aaaakk…aakkk…

Belajar jadi penjahit itu tidak hanya belajar membuat baju, tapi ternyata ada hal dasar yg paling penting : harus bisa KOMPROMI DENGAN MESIN JAHIT, dengan kata lain, kalo mesin jahit bermasalah, kita mesti cari tau masalahnya dimana, sukur2 bisa benerin sendiri gak perlu panggil tukang servis.

FLASHBACK  (beberapa jam yg lalu..)

Minggu lalu waktu lagi jahit resleting jepang, tiba2..BLETAKK!!!..jarumnya patah, hah?? gak langsung benerin..

Dan baru hari ini niat menjahit lagi, mau gak mau mesti ganti jarum yg patah, sambil nyenterin nyari patahan jarumnya dan gak nemu (ya udah, iklaskanlah.. yee.. bukan itu maksudnya, patahannya ketemu juga udah gak bisa dipake lagi, maksudnya patahannya takut nyangkut di sela2 mesin dan malah merusak mesin, ato yg paling parah : patahan jarumnya ditemuin sama anakku, trus diemut2..(secara mahluk ini pemakan segala), ih.. amit2 jangan sampe).

Lalu, aku ganti dengan jarum baru. Adoooh.. paling males deh kalo setting2 benang diawal proses menjahit. Masang benang atas sih gak masalah, tapi pertama kali mancing benang bawah itu loohh.. astagaaaa… gak tau deh udah berapa kilometer benang atas keulur cuma buat mancing benang bawah, tetep gak dapet2. Bolak balik copot sekoci *&^%&$!@@#)&^**)*#$?>,.|\… akhirnya dapet juga, benang bawahnya mau naik. aku masih belum nemu ilmunya gimana caranya mancing benang bawah yg mulus langsung dapet.

Lalu mulailah meneruskan menjahit resleting jepang, baru bergerak 1/8 meter…BLETAKKK!! (again..)

Lalu aku ganti lagi dengan jarum baru (dari awal jarum Singer yg dipake, kebayang kan sedihnya??).. BLETAK!!

Dari sini mulai aku ganti dengan jarum biasa (Rp. 1000,- dapet 3 jarum), gak langsung nginjek dinamo, takut bletak lagi, pelang2  aku putar pake tangan.. tek.. loh, kok nyangkut? ternyata jarumnya gak pas di lubang, jadi mentok di permukaan atas (aduu.. ngerti gak maksudku??), pantesan aja jarumnya patah, ternyata masang jarum itu gak bisa sembarangan, mesti di pas-in sama lubangnya, kalo asal pasang aja kayak aku, siap2 aja brp jarum yg bakal jadi korban.

Adoooh.. kapan jaitnya kalo begini?  TETAP SEMANGAT! !!!

 

bikin baju anak yuuk.. February 9, 2010

Filed under: Prakteknya.. — penjahitwannabe @ 22:33

masih ingat ini?

yups.. ini bahan yg aku beli di toko bahan diciputat yg kiloan itu, panjang 2.5 m, lebar 1.5 m (lebar besar) —> kira2 bisa bikin 3 baju anak loh

mulailah diriku bekerja keras menggunakan alat2 tempur ini (o iya aku pake buku Tatiana Vidi “Pretty in Pink” sbg panduan bikin baju anak)

jadilah pola diatas kertas coklat ini

Lalu dipindahkan ke atas bahan dan digunting sesuai pola

setelah itu dirader, lalu pola kertas di lepas dan siap di jahit

Inilah hasilnya.. Model barukah??

Adakah yg  bisa menebak letak keanehannya??

Sudah terlihatkah bakat menjahitku?? (bersambung)

 

Rizky Modiste (another toko alat jahit sekitar pamulang) January 30, 2010

Filed under: Toko Bahan — penjahitwannabe @ 19:34

Ini kali pertama diriku mampir ke toko alat jahit ini, biasanya Cuma lewat2 doang, soalnya selama ini kalo beli2 alat ya di Kevina Textile itu, krn posisinya yg lebih dekat dr rumah ketimbang toko yg satu ini. Namanya “RIZKY MODISTE”. Lokasinya masih di sekitar pamulang. Toko ini lebih kecil dari Kevina, namun koleksi alat2 jahitnya cukup lengkap. Sama seperti Kevina, selain menjual alat2 jahit, toko ini juga menerima jasa obras, neci, lubang kancing dan hanya menjual bahan khusus puring.

Si ibu pemilik toko ini baik banget loh, waktu aku mau pulang selesai belanja (?? Cuma beli 1 retsleting 2rb 5rts perak doang bisa dikategorikan sbg belanja KAH?), aku kan naik motor, trus toko itu posisinya emang agak dibawah, jadi kalo motor mesti mundur agak susah, trus si ibu itu dg tanggap langsung bantuin narik motorku. Wah222.. bukan service biasa

 

Sepatu Sebelah (bukan rumah)

Filed under: Peralatan Menjahit — penjahitwannabe @ 18:04

Hmm.. apaan tuh?? Kecil2 gak jelas gitu..

Ok, mari kita zoom utk mengenali benda apakah itu??

Naah.. udah keliatan kan gambarnya? Tapi masih belum jelas ya itu apa? $%^&#@*&&^&$##@)+/&$#@!!??

Selidik punya selidik, ternyata itu adalah “ sepatu sebelah” mesin jahit. Loh..kok Cuma sebelah? Iya, krn benda ini berfungsi khusus untuk menjahit retsleting jepang. Gimana cara pakainya? Gampang, tinggal copot saja sepatu mesin jahit biasa dan ganti dg sepatu sebelah ini. Kalau pake sepatu biasa mesin jahit, dijamin kita bakal kesulitan menjahitnya?

Gak percaya? Sook.. silahkeun dipraktekkeun..!!

 

Kevina Textile

Filed under: Toko Bahan — penjahitwannabe @ 16:42

Klenger Burger.. hmm..nyam..nyam..

Ada yg tau gak apa hubungannya resto klenger burger pamulang sama alat jahit menjahit? Yg mengaku warga pamulang (khususnya pecinta fashion), pasti tahu doong..

Yup, betul sekali ibu, di dekat situ, berdirilah sebuah toko alat jahit “KEVINA TEXTILE”. Selain menjual peralatan menjahit seperti : Benang, Retsleting, Jarum,  Aneka kancing, dll, toko tersebut juga menawarkan  jasa obras, neci, lubang kancing.  Selama ini koleksi alat2 jahitku ya beli disini (selain dapet gratisan dr tempat kursus  ato waktu beli mesin jahit, hi..hi). Karyawan toko ini sekitar 3 orang, jadi walaupun sedang ramai, kita tetap terlayani dg baik. Oh ya, toko ini juga menjual bahan, namun yg dijual hanya bahan puring dan bahan kusus jilbab..

Dimana Lokasinya : tidak jauh dari universitas pamulang (kea rah sasmita), alamat lengkapnya : Jl. Suryakencana Blok N.25, Pamulang Permai. Telp : 021-98104271 & 021-7497515. Happy hunting!

 

Peralatan menjahit (jilid 1) January 27, 2010

Filed under: Peralatan Menjahit — penjahitwannabe @ 23:00

Teman2 sesama pecinta fashion (haiyah.. ) berikut adalah bbrp alat yg diperlukan dalam proses menjahit (Sumber : Buku menjahit step by step Tatiana Vidi & pengalaman pribadi)

Keterangan gambar berurutan dr kiri ke kanan :

Meteran : Gunanya u/ mengukur badan dan membuat pola. Meteran terbuat dari karet sintetis dengan dua sisi dalam ukuran sentimeter dan inci. Ukuran yg biasa digunakan adalah sentimeter. (Harga : +Rp. 3.000,-)

Gunting Benang : Gunanya u/ menggunting sisa benang yg menempel pada kain atau pada mesin jahit.  Ukuran gunting ini lebih kecil dr gunting kertas ataupun gunting bahan. (Harga : blm tau krn sy dapet gratisan waktu beli mesin jahit, hi..hi..)

Rader : Alat ini mempunya roda, berfungsi u/ memberi tandajahitan agar sesuai dg pola. Caranya : letakkan kertas karbon diantara dua lapis bagian belakang kain, lalu jalankan rader sesuai dg pola. ( Harga : Blm tahu, krn yg sy punya sdh termasuk dalam paket kursus)

Pendedel : Berfungsi membuka jahitan yg salah atau bisa juga u/ membuka lubang kancing (Harga : +Rp. 6000.,- yg lebih murah ada sesuai ukuran)

Kapur Jahit : Dipakai u/ member tanda pd kain. Ada yg berbentuk segitiga, pipih atau spt pensil. Agar terlihat jelas pd kain, gunakan kapur jahit yg berwarna kontras. (Harga : +Rp. 2.500,-)

Benang Jahit : Pilih yg kuat, tdk mudah putus. Merk yg ada dipasaran antara lain : Astra, Extra, Tiger, dll. (Harga : Bervariasi tergantung merknya, u/ merk astra, harga +Rp. 2.500,-)

Karbon Jahit : Karbon yg dipakai adalah karbon kain yg berwarna. Karbon kain akan hilang bila dicuci, sedangkan karbon kertas tidak. Gunakan warna karbon yg kontras dg kain agar garis rader terlihat jelas. (Harga : +Rp. 1.500,-) —> loh..loh.. bukannya gambarnya mentok cuma sampe benang jahit ya? mana karbonnya?? tenang..tenang.. karbon jahit itu yg warna merah, yg dijadikan alas u/ memfoto alat2 jahit diatas, nah… mulai “ngeh” kan..?  coba perhatiin deh, itu banyak garis2 bekas rader-an, yg menandakan bahwa itu adalah memang karbon jahit (bekas, he..)

bersambung..

 

Daftar Sekolah Fashion/Mode & Kursus Menjahit di jakarta

Filed under: Kursus — penjahitwannabe @ 21:44

Temans.. berikut adalah daftar sekolah fashion/ mode dan kursus menjahit di JAKARTA, ifo ini aku dpt dr blog http://www.fasity.com :

Esmod Jakarta Jl. Asem II no. 3 – 5 Cipete
Jakarta Selatan 12410
Jakarta – Indonesia
Phone (62-21) 7659181-82, 7659089
Fax. (62-21) 7657517
marketing@esmodjakarta.com
http://www.esmodjakarta.com
La Salle College LaSalle College International Jakarta
Sahid Office Boutique (Unit D – F)
Jl. Jend. Sudirman Kav 86
Jakarta 10220
Phone (021) 5785 1819
Fax (021) 5785 1820
Email: infojkt@lasallecollege.ac.id
http://www.lasallecollege.ac.id
Susan Budiharjo LPTB Susan Budihardjo
Jl. Cikini No. 58 FF – GG,
Telp. (021) 314 0575
Fax. (021) 323 526
 
Bunka School of Fashion Jl. Pembangunan III/14C
Jakarta
Telp: (021) 633-5759 http://bunkaschooloffashion.com/
Phalie Studio Jl.Gading Indah Raya Blok C-24
Kelapa Gading
Jakarta 14240
Telp: 021 4584 4159/ 9298 3700/ 71681045 http://phaliestudio.wordpress.com/
Harry Dharsono Couture Jl. Cilandak Tengah 71
Jakarta Selatan
   
Indonesia International Fashion Institute (IIFI) Plaza 5 Pondok Indah Blok B9
Jl. Margaguna Kebayoran Baru Jaksel
Telp: 72788701 – 03  
Sekolah Tinggi Desain Interstudi Kampus STDI
Jl. Kapten Tendean No.2
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Telp. (021) 71793985
Fax. (021) 71790477
http://stdi.interstudi.edu
Lembaga Kursus Tata Busana Wiwi Jl. KH.Agus Salim No 30 / 8,
Jakarta Pusat 10340
Telp : ( 62-21) 3102936, 392 1978,
Fax : ( 62-21 ) 3192 7651
email : clard@dnet.net.id
http://www.wiwicouture.com
http://wiwicouture.blogspot.com
IKKIS SEKOLAH PRIVAT MODE & TEHNIK MENJAHIT BUSANA HALUS
Jl. Mampang Prapatan XVIII No.102,
Komplek Keuangan, Duren Tiga,
Pancoran, Jakarta Selatan, Indonesia – 12760
Phone : 021 – 7984794 / 7983506
Mobile : 08158885441
E-mail : info@ikkis.net
http://www.ikkis.net/
Eileen Collection   Telp: 62-21-3906493
Mobile: 08121397367
 
Juliana Jaya Jl MH Ung 7-A RT 010/01
Jakarta 10650
Jl Bekasi Raya Km 19/10
Jakarta 13920
021-4241494021-46827191  
Sanly’s Fashion Jl. Tanjung Duren Raya No. 29B, Jakarta Barat 021-5632710 sanlyfashion@yahoo.com