Penjahitwannabe's Blog

menjahit itu..

Sepatu Sebelah (bukan rumah) January 30, 2010

Filed under: Peralatan Menjahit — penjahitwannabe @ 18:04

Hmm.. apaan tuh?? Kecil2 gak jelas gitu..

Ok, mari kita zoom utk mengenali benda apakah itu??

Naah.. udah keliatan kan gambarnya? Tapi masih belum jelas ya itu apa? $%^&#@*&&^&$##@)+/&$#@!!??

Selidik punya selidik, ternyata itu adalah “ sepatu sebelah” mesin jahit. Loh..kok Cuma sebelah? Iya, krn benda ini berfungsi khusus untuk menjahit retsleting jepang. Gimana cara pakainya? Gampang, tinggal copot saja sepatu mesin jahit biasa dan ganti dg sepatu sebelah ini. Kalau pake sepatu biasa mesin jahit, dijamin kita bakal kesulitan menjahitnya?

Gak percaya? Sook.. silahkeun dipraktekkeun..!!

 

Peralatan menjahit (jilid 1) January 27, 2010

Filed under: Peralatan Menjahit — penjahitwannabe @ 23:00

Teman2 sesama pecinta fashion (haiyah.. ) berikut adalah bbrp alat yg diperlukan dalam proses menjahit (Sumber : Buku menjahit step by step Tatiana Vidi & pengalaman pribadi)

Keterangan gambar berurutan dr kiri ke kanan :

Meteran : Gunanya u/ mengukur badan dan membuat pola. Meteran terbuat dari karet sintetis dengan dua sisi dalam ukuran sentimeter dan inci. Ukuran yg biasa digunakan adalah sentimeter. (Harga : +Rp. 3.000,-)

Gunting Benang : Gunanya u/ menggunting sisa benang yg menempel pada kain atau pada mesin jahit.  Ukuran gunting ini lebih kecil dr gunting kertas ataupun gunting bahan. (Harga : blm tau krn sy dapet gratisan waktu beli mesin jahit, hi..hi..)

Rader : Alat ini mempunya roda, berfungsi u/ memberi tandajahitan agar sesuai dg pola. Caranya : letakkan kertas karbon diantara dua lapis bagian belakang kain, lalu jalankan rader sesuai dg pola. ( Harga : Blm tahu, krn yg sy punya sdh termasuk dalam paket kursus)

Pendedel : Berfungsi membuka jahitan yg salah atau bisa juga u/ membuka lubang kancing (Harga : +Rp. 6000.,- yg lebih murah ada sesuai ukuran)

Kapur Jahit : Dipakai u/ member tanda pd kain. Ada yg berbentuk segitiga, pipih atau spt pensil. Agar terlihat jelas pd kain, gunakan kapur jahit yg berwarna kontras. (Harga : +Rp. 2.500,-)

Benang Jahit : Pilih yg kuat, tdk mudah putus. Merk yg ada dipasaran antara lain : Astra, Extra, Tiger, dll. (Harga : Bervariasi tergantung merknya, u/ merk astra, harga +Rp. 2.500,-)

Karbon Jahit : Karbon yg dipakai adalah karbon kain yg berwarna. Karbon kain akan hilang bila dicuci, sedangkan karbon kertas tidak. Gunakan warna karbon yg kontras dg kain agar garis rader terlihat jelas. (Harga : +Rp. 1.500,-) —> loh..loh.. bukannya gambarnya mentok cuma sampe benang jahit ya? mana karbonnya?? tenang..tenang.. karbon jahit itu yg warna merah, yg dijadikan alas u/ memfoto alat2 jahit diatas, nah… mulai “ngeh” kan..?  coba perhatiin deh, itu banyak garis2 bekas rader-an, yg menandakan bahwa itu adalah memang karbon jahit (bekas, he..)

bersambung..

 

alat berat PERDANA January 24, 2010

Filed under: Peralatan Menjahit — penjahitwannabe @ 14:01

Folks.. ini adalah alat berat pertama yg aku punya didunia perjahitan. Udah kenal kan ini namanya apa??? Yup, that’s right.. mesin jahit..manual  ,itu loh yg pake roda genjot, tapi sejak pertama beli udah dipasangin dynamo, jadi gak perlu kayuhlagi, he..he.. pemalas.., gak gitu juga sih, soalnya kalo di kayuh, aku kok kadang (sering) rodanya mutarnya kebalik, yang harusnya mutar ke depan jadi kebelakang, he.. apa krn blm biasa ya?? Gak tau juga sih, lagian kalo sekarang mesti pake roda, aku udah gak tau lagi cara nyopot dinamonya, soalnya mesti pake tang deh kayaknya, yah secara ogut bukan lulusan engineering yg ngerti soal baut & tang, jadi  berusaha aja memaksimalkan apa yg sudah dianugrahi dr sononya, hue..he..

Balik ke cerita soal mesin, alat ini aku beli di toko daerah cipulir, sebelum pasar cipulir, tokonya kecil sih, kayanya bukan toko yg khusus jual mesin jahit, tapi lebih ke reparasi mesin jahit, tapi selingannya dia juga jual mesin jahit (baru & bekas), dan beberapa alat lain yg berhubungan dg jahit, spt : mesin obras, mesin pres kancing, mesin neci (ha..ha.. sok tahu, padahal aku Cuma menerka2 aja alat apa aja yg aku lihat ada ditoko itu waktu aku beli mesin jahit ini).


Mesin jahit ini merknya Singer, Baru (bukan seken), harga 1,2jt, aku gak tahu ini kemahalan ato emang segitu harganya, secara waktu itu aku udah males nyari toko lain buat perbandingan, jadi pas ada langsung beli aja, nawar sih.. tapi Cuma di diskon 200rb. O iya, niat awal dr rumah mau beli mesin jahit yg portable, karena menurut informasi  yg aku baca, mesin jahit portable itu fungsinya lebih banyak dr mesin jahit manual. Dia (mesin portable) memiliki variasi/banyak model jahitan alias tidak hanya jahit lurus, selain itu bisa digunakan untuk membuat lubang kancing, jahitan semi obras & semi neci. Tapi ternyata ibu2.., mesin jahit portable itu lebih mahal dibanding yg manual (ya iyalah, lebih bagus pasti lebih mahal), yg sekennya aja di toko itu jual paling murah harganya 1,6 jt, lupa merknya apa, yg pasti bodynya lebih kecil & lebih ringan dibanding yg manual, dan sesuai namanya bisa dibawa kemana2.  u/ mesin jahit manual, di toko itu menjual 2 merk : Singer & Butterfly, dari segi harga lebih murah yg butterfly (beda 100rb), perbedaannya kalo yg singer bisa digunakan u/ jahit mundur, sedangkan kalo yg butterfly tdk bisa. O iya, jahit mundur itu setahuku gunanya untuk mematikan jahitan, jadi agar benangnya lebih kuat dan tidak mudah terlepas.

Waktu beli mesin jahit ini, dapet bonus : ini… Jarum Jahit (kusus mesin), gunting benang, tang kecil, sepul, sekoci, dan minyak pelumas mesin jahit.

Selamat menjahit..

 

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.